DOT Matrix 5x7





1. Gambar Rangkaian [Kembali]

2. Listing Program AT Mega [kembali]

#include <mega32.h>
#include <delay.h>
#include <string.h>

unsigned int i,j,x,y,z;
unsigned int angka;
char urut;
char kolom[7];

//Baris = PORTB
//KOLOM = PORTC

void nyala_led()//fungsi untuk menyalakan baris
{
     if (angka==0)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x3E);}
      if (urut==1){urut=~(0x51);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x45);}
      if (urut==4){urut=~(0x3E);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}  
      }
   
     else if (angka==1)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x00);}
      if (urut==1){urut=~(0x21);}
      if (urut==2){urut=~(0x7F);}
      if (urut==3){urut=~(0x01);}
      if (urut==4){urut=~(0x00);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }

      else if (angka==2)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x27);}
      if (urut==1){urut=~(0x49);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x49);}
      if (urut==4){urut=~(0x31);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
   
      else if (angka==3)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x22);}
      if (urut==1){urut=~(0x41);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x49);}
      if (urut==4){urut=~(0x36);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }

      else if (angka==4)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x0C);}
      if (urut==1){urut=~(0x14);}
      if (urut==2){urut=~(0x24);}
      if (urut==3){urut=~(0x7F);}
      if (urut==4){urut=~(0x04);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
 
      else if (angka==5)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x72);}
      if (urut==1){urut=~(0x51);}
      if (urut==2){urut=~(0x51);}
      if (urut==3){urut=~(0x51);}
      if (urut==4){urut=~(0x4E);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }

      else if (angka==6)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x1E);}
      if (urut==1){urut=~(0x29);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x49);}
      if (urut==4){urut=~(0x46);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
   
      else if (angka==7)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x41);}
      if (urut==1){urut=~(0x42);}
      if (urut==2){urut=~(0x44);}
      if (urut==3){urut=~(0x48);}
      if (urut==4){urut=~(0x70);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }

      else if (angka==8)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x36);}
      if (urut==1){urut=~(0x49);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x49);}
      if (urut==4){urut=~(0x36);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
     
      else if (angka==9)
      {
      if (urut==0){urut=~(0x30);}
      if (urut==1){urut=~(0x49);}
      if (urut==2){urut=~(0x49);}
      if (urut==3){urut=~(0x4A);}
      if (urut==4){urut=~(0x3C);}
      if (urut==5){urut=~(0x00);}
      if (urut==6){urut=~(0x00);}
      if (urut==7){urut=~(0x00);}
      }
}

void main(void)
{
PORTA=0x00;
DDRA=0x00;

PORTB=0x00;
DDRB=0xFF;

PORTC=0x00;
DDRC=0xFF;

PORTD=0x00;
DDRD=0x00;

y=0;
PORTC=~(0xFE);

while (1)
                   
{
angka=9;
kolom[0]=~(0xFE);
kolom[1]=~(0xFD);
kolom[2]=~(0xFB);
kolom[3]=~(0xF7);
kolom[4]=~(0xEF);
kolom[5]=~(0xDF);
kolom[6]=~(0xBF);
kolom[7]=~(0x7F);

for (z=0;z<10;++z)
{
  //for (x=0;x<10;++x) //untuk menggeser (non aktif)
  //{  
    for (i=0;i<100;++i)
    {
    y=x;
        for (j=0;j<8;++j)
        {
        //angka=0;
         PORTC=kolom[j];
         urut=y;
         nyala_led();
         PORTB=urut;
         delay_ms(1);
         y=y+1;
        //PORTC=kolom[j+1];    
            if (y==8)
            {
            y=0;
            }      
        }
    PORTC=~(0xFE);
    }
   //}
//PORTB=0xFF;
angka=angka-1;
delay_ms(1000);
  };
 }
}

3. Video Simulasi [kembali] 
Memasukkan syntax untuk memprogram AT Mega yang digunakan

Merangkai rangkaian simulasi dan menjalankannya

4. Prinsip Kerja  [kembali]
        Kaki reset pada AT Mega berguna untuk mengulangi proses pembacaan program pada AT Mega, (AT Mega terlebih dahulu diberi program yang sudah dibuat di CV AVR).
Kaki XTAL1 dan XTAL2 dihubungkan ke crystal yang gunanya untuk memberikan clock ekstenal yang stabil nilainya.
dan kaki kaki pada PORT B dan PORT C digunakan sebagai output yang akan ditampilkan ke DOT Matrix 5x7.
        Jadi rangkaian tersebut sudah diisi dengan program untuk menampilkan angka desimal dimulai dari 9 sampai 0, dan setelah sampai ke 0 akan terjadi looping, mengulang dari angka 9 lagi.

5. Link Download  [kembali]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar